Cerita-cerita masa kecil (1) Para penjual makanan legendaris (part 2): Menyambut pagi dengan dodongkal si Emen

Salah satu hobby saya dari kecil sampai sekarang adalah tidur habis Subuh, terlepas saya sekolah bagian masuk pagi atau siang. Kadang, untuk menghindari kakak saya yang galak yang tidak suka melihat adiknya tidur lagi, saya tidur dibelakang di pojok ruangan, belakang kursi yang berbentuk letter L. Masuk sekolah jam 7 pagi, saya siap-siap jam 6.30, dan selalu sukses kesiangan dan berlari mengejar angkot. Karena sering terburu-buru itulah, saya jarang sekali sarapan. Mama memang jarang menyiapkan sarapan pagi karena harus menyiapakn semua keperluan anak-anaknya sekolah yang berjumlah 9 orang itu. Seringnya mama beli gorengan, bala-bala teh Eroy yang lebar dan besar itu, dimakan dengan nasi. Satu bala-bala bisa dimakan dua orang, dan mengenyangkan. Saya bukan termasuk penggemar bala-bala teh Eroy karena hanya menang di ukurannya yang besar. Untunglah, sebelum berangkat di pagi hari, ketika saya memakai sepatu, selalu terdengar teriakan dua orang anak berseragam sekolah yang umurnya tidak jauh dari saya, doodongkal…doooodongkal…. teriakan yang selalu saya tunggu karena menyelamatkan saya dari bala-bala teh Eroy. Dodongkal itu sejenis makanan yang terbuat dari tepung beras, dicampur dengan kelapa dan gula merah yang dikukus, ditaburi lagi dengan kelapa muda, orang Bandung menyebutnya awug. Saya masih ingat penjualnya, satunya bernama Emen, satunya lagi saya lupa, yang pasti keduanya kakak kelas saya waktu SD. Si Emen ini sekarang pindah profesi, bukan penjual dodongkal lagi, melainkan menjadi seorang hansip, pertahanan sipil penjaga keamanan yang berseragam hijau muda. Kembali ke dodongkal si Emen dan temannya, kadang kalau mama tidak punya uang lebih, saya harus merelakan jatah uang jajan sekolah saya demi sepotong dodongkal yang godaannya tidak bisa saya tolak.

Dodongkal pict was taken from Masakgo.com

 

Leave a Reply

