Mlipir ke Eropa (1): seminggu di Munich

Dalam komunitas peneliti di bidang katalis, ada sebuah conference internasional yang dilaksanakan 4 tahun sekali dimana semua ahli yang benar-benar mumpuni di Bidang ini akan berkumpul, it’s like Olympic in catalysis world kata pak bos saya. Apalah saya anak ingusan baru beberapa bulan jadi mahasiswa PhD, bahagia tak terkira waktu diajak pak bos untuk berpartisipasi dalam conference ini walaupun saya tidak presentasi atau membuat poster. Hanya disuruh belajar. Untuk perjalanan kali ini juga, saya dan seorang teman mahasiswa PhD lainnya mendapat tugas untuk mengatur semua tiket dan memesan hotel. Maklum waktu itu center kami masih baru jadi sekretaris masih satu dan sibuk mengurus semua hal.

Karena mendapat wewenang mengurus tiket ini, tiba-tiba muncul ide untuk sekalian jalan-jalan selain di tempat conference. Oia saya lupa, conference kali ini dilaksanakan di Munich, Jerman. Saya membeli tiket berangkat ke Munich tapi tiket return dari London. Tapi ternyata tidak hanya saya, dua orang teman yang lainpun demikian adanya. Satu teman membeli tiket pulang dari Amsterdam, satu lagi dari Paris. It’s always feels good to have company.

2 orang anak PhD bahagia diberi hujan 🙂

Dari Jeddah saya berangkat berdua dengan teman mahasiswa PhD lain di lab, naik pesawat Turkish airlines tujuan Istanbul untuk kemudian pindah pesawat tujuan Munich. Pesawat tujuan Istanbul isinya hampir 90% orang pulang umroh. Selain sangat penuh, pesawatnya juga terlihat kusam, seperti sudah berumur. Jauh berbeda ketika kami ganti pesawat tujuan Munich, pesawat nampak bersih kinclong dan rapi, walaupun ada adegan berlari-lari setelah pesawat dari Jeddah landing, mengejar pesawat berikutnya karena alasan klasik di Jeddah, pesawat berangkat jamnya mepet. Syukurlah karena ternyata pesawat tujuan Munich juga delay 1 jam. Setelah kurang lebih 4 jam, kami mendarat di Munich, masih sekitar jam 10 pagi. Dengan kereta kami menuju hotel dan istirahat sebentar. Karena lapar, akhirnya kami keluar mencari makan dan berjalan di sekitaran. Pertama kalinya saya jatuh cinta dengan Subway sandwhich isi tuna spicy sauce dan selama seminggu di Munich kebanyakan saya hanya makan Subway. Setelah perut terisi, kami berjalan-jalan di Marien platz dan taman-taman cantik di sekitarnya. Sambil menikmati matahari yang bersinar cerah, tapi tidak sedahsyat di Thuwal, kami terus berjalan melewati taman-taman yang penuh dengan orang, festival music, penjual makanan, dll, sampai di sebuah taman yang dilalui sungai yang deras dan orang-orang bermain surfing didalamnya. Wow, surfing di taman kota, pemandangan sangat menarik buat saya. Bosan berkeliling taman kami kembali ke hotel.

Surfing di taman kota

Setelah beberapa lama, rombongan pak bos dan teman-teman lain datang dan setelah beristirahat mereka mengajak kami kembali ke taman yang sama, untuk mencari angin segar dan makan malam. Walaupun lelah akhirnya saya ikut, dengan membawa sisa subway yang saya beli tadi. Kemana-mana bawa kresek dan botol aqua. Kamipun terus jalan sampai tiba di taman yang isinya hampir semua orang minum bir. Saya dan seorang teman Saudi hanya pusing melihatnya. Teman-teman yang lain memesan makanan, saya dan teman Saudi mencari penjual ikan, supaya kami bisa ikut makan. Akhirnya kami makan pretzel yang surprisingly rasanya asin dan mackerel bakar.

Hari kedua kami serombongan pergi ke tempat conference untuk registrasi, dilanjutkan dengan acara makan lagi. Ditengah jalan, tiba-tiba turun hujan. Sebagai anak gurun, kami bahagia sekali dan malah hujan2an di tengah lapangan ketika semua orang menepi untuk berteduh. Hari-hari lainnya diisi dengan conference di siang hari, dan jalan-jalan di sore hari, kadang rombongan atau sendiri. Saya memang tidak terlahir untuk pandai memakai sepatu cantik. Selama conference saya berusaha rapi dengan memakai sepatu cantik tapi ternyata kaki tidak bisa kompromi. Di sela-sela makan siang conference hari kedua akhirnya saya mlipir sebentar ke mall terdekat dan membeli sandal jepit! Sisa conference saya memakai sandal jepit yang tersembunyi dibalik gamis panjang 🙂 Ah conference ini memang sangat keren. Kebanyakan yang memberi talk adalah orang-orang yang namanya selama ini saya baca di buku-buku atau jurnal-jurnal top catalysis. Serasa bertemu artis idola!

Pengamen di sebuah taman di Munich

Hari-hari terakhir selesai conference saya kebanyakan kelayapan sendiri di sekitaran Marien platz. Selain karena banyak toko yang lagi diskon, banyak makanan yang sepertinya aman dimakan. Ah tapi itulah, saya tidak terlalu suka toko yang diskon karena isinya kebanyakan mbak-mbak beringas yang ambil semua barang yang diinginkan. Akhirnya saya berjalan berlawanan arah dari toko-toko itu ke arah penjual sayur dan buah-buahan, membeli satu kantong stroberi dan nongkrong di taman, membaca buku sambil ngemil stroberi. Setelah bosan di taman, saya terus jalan ke pemukiman dan restaurant2 kecil di sekitar dan kembali ke hotel.

Hari terakhir di Munich, sebagian orang tetap di hotel menunggu flight ke Jeddah, sebagian lagi sudah pergi ke berbagai tempat. Adapun saya, setelah check out dan menitipkan tas, saya mencoba naik bis hop on hop off untuk keliling Munich. Saya hanya berhenti di beberapa spot, seperti bekas istana di Munich, museum BMW, dan tentu saja, markasnya Bayern munchen, Allianz arena. Sayang sekali, uang euro saya sudah menipis dan saya malas untuk mengambil/menukar lagi karena hari itu hari terakhir di Munich. Jadilah selama di perjalanan saya hanya ngemil stroberi. Bahkan ketika sampai di Allianz arena, selain batre kamera yang sudah sekarat, euro tinggal sendilit, sayapun tidak bisa membeli souvenir Bayern munchen. Plus, tiba2 anjing heboh menggonggong ketika saya mendekati sebuah van yang saya kira penjual makanan tapi ternyata ibu-ibu yang sedang camping. Anjing menggonggong, sayapun berlalu

Menjelang sore saya kembali ke Munich, bertemu dengan seorang teman exchange student di KAUST, makan es krim, dan segera meluncur ke Bandara untuk melanjutkan perjalanan berikutnya.