Sukabumi 2002

2002, tahun berakhirnya masa-masa indah SMA (masa SMA saya benar-benar indah karena isinya hanya main) dan dimulainya berbagai petualangan baru yang lebih seru dan memberikan pelajaran hidup yang berharga.

Perjalanan Sukabumi-Cirebon

Mudah bosan sepertinya memang penyakit saya paling akut. Setelah selesei UAN SMA dan menunggu hasilnya keluar, saya libur selama satu bulan. Waktu yang cukup panjang (dan membosankan) kalau hanya dilewatkan dengan bengong di rumah. Teman-teman sih banyak yang memanfaatkan dengan ikutan bimbel untuk persiapan masuk kuliah. Apalah saya, kuliah saja belum tau mau kemana.

Singkat cerita, suatu hari di waktu pagi di rentang waktu sebulan itu, saya minta ijin ke Bapak untuk pergi ke Cirebon, dengan alasan menengok kakak. Sendiri. Padahal saya belum pernah kesana dan waktu itu handphone masih merupakan barang mewah. Setelah perijinan yg keluar cukup alot, akhirnya saya berangkat ke Cirebon, sekitar jam 12 dari Sukabumi, naik bis Maya jurusan Sukabumi-Cirebon. Prediksi Bapak saya sampai di Cirebon sebelum magrib, jadi InshaAllah aman walaupun pergi sendiri. Ternyata, bepergian di Indonesia memang tidak bisa diprediksi. Hampir di tiap terminal bis berhenti (dan ngetem tentu saja) diantaranya di Cianjur dan Cicaheum. Tidak semua orang yang naik bis tujuannya ke Cirebon, kebanyakan malah pergi ke Bandung, terutama daerah Cicaheum dan sekitarnya. Ya, karena satu-satunya bis yang pergi ke Cicaheum dari Sukabumi hanya bis ini. Semua bis yang lain tujuan akhirnya ke Leuwi Panjang. But it was in 2002, I m not sure how is it now.

Anyway, menjelang magrib bis sampai di terminal Cicaheum. Selain agak khawatir sampainya telat, saya juga lapar (oh L ). Di Cicaheum, penumpang naik turun berganti. Banyak penumpang baru tujuan Sumedang, Majalengka, Cirebon, dan sekitarnya. Kursi jejer tiga yang sebelumnya saya duduki sendiri akhirnya menjadi penuh, dengan dua orang bapak-bapak disamping saya. Bapak yang satu umur sekitar 50an, tampak bijak dan lelah sepulang kerja. Sepanjang jalan hanya diam. Bapak satunya lagi, ah, terlalu banyak bicara, hal-hal yang tidak penting, dan tidak perlu diceritakan. Umurnya mungkin sekitar late 30, sama-sama pulang kerja dan sama-sama kelihatan lelah. Dan saya tidak mengerti kenapa orang lelah malah senang banyak bercerita. Mulai dari cerita dia kerja di Papua, kakaknya yg kuliah di ITB, istrinya yg kabur selingkuh dengan lelaki lain, and so forth. Sebagai anak imut baru lulus SMA, saya hanya mendengarkan dan sekali2 bergumam. Oh begitu, Oh iya… Why the hell should I care? Si Bapak itu juga membelikan saya minuman dan makanan dari pedagang yg keluar masuk di bis.Saya hanya menerimanya karena ingin berlaku sopan, tapi juga tidak meminum atau memakannya karena saya banyak membaca berita kriminal di koran-koran bungkus ikan asin yang biasa saya beli di warung, karena disuruh mamah saya 😀

Long story short, si bapak itu nanya saya mau kemana dan menawarkan bantuan untuk mengantar saya kalau dia tidak capek. Untung dia capek karena saya tidak mau diantar, bahkan kalau dia tidak capekpun saya tetep ga mau. Turunlah bapak itu di tempat tujuannya yg sangat jauh sebelum tujuan saya. Dan bangunlah si bapak 50an yg selain tertidur rupanya juga mendengarkan percakapan kami. Beliau mewanti2 untuk tidak mudah percaya sama orang di bis dan percaya ceritanya. Beliau turun setelah saya dan membantu untuk menghentikan bis di tempat saya turun (saya ga tau exactly harus turun dimana, hanya dikasi ancang2 untuk turun di lampu merah plered J), dan memberi saya uang untuk ongkos becak. Ah Bapak yg baik sekali, semoga Allah selalu merahmati beliau dan keluarganya. Sampai di rumah kakak di Cirebon, saya dijemput naik becak dan orang seisi rumah kaget. Anak perempuan baru sampe jam 10 malam, sendirian! Heheee

2 thoughts on “Sukabumi 2002

Leave a Reply

