Edisi Jogja 2002-2007: Dimulai dari Cirebon diakhiri di Cirebon (2)

From Jogja to Sukabumi, via Cirebon lagi

Setelah 4,5 tahun berjuang di Jogja, dengan tetesan darah dan airmata, akhirnya saya dinyatakan lulus sarjana teknik kimia pada tanggal 31 Januari 2007 dan diwisuda sekitar sebulan kemudian. Setelah wisuda saya memilih tinggal di Jogja selama sekitar 1-2 bulan, tujuannya jelas: mencari kerja. Akan tetapi, karena sudah lulus dan tidak boleh tinggal di asrama, dan saya pengangguran kala itu manalah sanggup untuk membayar kosan, jadinya saya menumpang di kosan teman-teman saya yang selain kece juga baik hati.

Setelah beberapa kali ikut tes kerja, sepertinya saya memang tidak berbakat kerja di perusahaan. Saya akhirnya memutuskan pulang ke sukabumi dan melanjutkan mencari kerja di sana. Ketika datang ke Jogja 4 tahun sebelumnya saya hanya membawa tas ransel, kali ini ketika pulang saya membawa satu buah tas ransel dan satu buah tas jinjing besar yang isinya baju dan fotokopian tugas2 kuliah dan laporan. Rasanya saya tidak pernah membeli buku selama kuliah, prestasi yang saya banggakan dan berhasil saya pertahankan sampai lulus PhD. Bukan prestasi sih, lebih cenderung kepada pengiritan.

Anyway, karena bawaan lumayan banyak, saya memilih pulang ke Cirebon untuk menitipkan sebagian barang bawaan. Kenapa Cirebon? karena travel hanya ada jurusan Cirebon. Sudah takdir juga, saya memulai dan mengakhiri perjalanan di Jogja via Cirebon. Ini kali pertama saya naik travel, ongkosnya lumayan mahal menurut ukuran uang saku saya saat itu. Ternyata travel ini tidak hanya jurusan Cirebon tapi juga Purwakarta. Akhirnya, saya ikut juga mampir-mampir ke beberapa tempat mengantarkan para penumpang di Purwakarta. Saya ternyata penumpang terakhir jurusan Cirebon. Karena saya turun di Plered yang menurut pak sopirnya notabene sudah ga masuk Cirebon, saya harus bernegosiasi cukup lama untuk meyakinkan pak supir untuk mengantar saya ke tempat tujuan, dengan ongkos tambahan tentunya. yah, lumayanlah, daripada harus turun malam2 mencari kendaraan lain, geret2 tas besar, dan hujan.

Yup, cerita perjalanan Jogja berakhir pada suatu malam di Cirebon. Malam yang dingin karena hujan.

Leave a Reply

